Trik Agar Anak Segera Bisa Berjalan

Bagaimana cara agar anak cepat berjalan ? Tentunya ada caranya. Setiap anak yang memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Anak usia 1 Tahun, seharusnya sudah mampu berjalan beberapa langkah tanpa bantuan. Pada usia 12-18 bulan, kemampuan yang harus dikuassainya sda;ah berdiri tanpa bantuan, berjalan dengan merambat keperabotan dirumah, berjalan 2 atau 3 langkah tanpa bantuan.

1. Agar anak cepat berjalan, izinkan anak untuk bereksplorasi kesegala penjuru rumah. saat anak mulai merangkak dan merambat, kurangi penggunaan kata "JANGAN", agar tak menghalangi geraknya.
 
2. Usahakan melepas anak dari gendongan sesering mungkin sehingga otot-otot kakinya lebih lincah bergerak. dengan begitu, harapan anak cepat berjalan akan terwujud.

3. Ajak anak untuk bermain agar menstimulasi motoriknya, yakni bermain mengambil bola yang dilempar, mendengarkan lagu sambil melompat-lompat, dan sebagainya. kemampuan motorik yang baik akan membantu anak untuk cepat berjalan.

4. Ajak anak berjalan sore atau pagi bila kemampuan berjalan masih sangat kurang, orangtua bisa melakukannya sambil melatih anak, terus lakukan sampai anak bisa berjalan dengan baik.

5. Sediakan saranan agar anak cepat berjalan, misalnya dengan menyediakan gagang pegangan untuk berjalan, seperti yang ada pada pusat terapi, atau dengan tongkat berputar yang bertumpu pada satu poros. dengan berpegangan pada bilah yang melintang, anak secara tak langsung berlatih berjalan saat mendorong gagang tersebut. Intinya, ada satu benda kokoh yang digunakan berpegangan saat keseimbangannya masih labil.

6. Singkirkan benda pecah belah atau pajangan kaca dari atas meja atau yang berada dalam jangkauan anak. tujuannya agar proses berjalan anak berlangsung aman.

7. Jangan memasang taplak yang menjuntai kelantai, karena bisa membuatnya tersandung, apalagi ketika ia belum mantap berjalan.

0 comments:

Post a Comment